Apa bedanya digital marketing dengan Online Marketing?

Pakardigitalmarketing.com – Digital marketing dan online marketing adalah istilah yang sering digunakan secara bergantian, namun sebenarnya memiliki perbedaan. Online marketing adalah bagian dari digital marketing dan lebih spesifik mengacu pada pemasaran melalui internet, seperti iklan di media sosial, email marketing, dan optimasi mesin pencari (SEO). Sedangkan digital marketing mencakup semua bentuk pemasaran yang dilakukan melalui saluran digital, termasuk online dan offline.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara digital marketing dan online marketing:

  1. Jangkauan Saluran Pemasaran: Online marketing hanya terfokus pada saluran pemasaran internet atau online, seperti website, media sosial, atau email. Sedangkan digital marketing mencakup semua saluran pemasaran yang dapat diakses secara digital, seperti radio digital, televisi digital, atau papan iklan digital.
  2. Fokus Target Pasar: Online marketing biasanya terfokus pada pengguna internet yang menggunakan teknologi online dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan digital marketing lebih luas dalam cakupannya dan dapat menargetkan audiens yang tidak terlalu terkoneksi secara online.
  3. Tujuan Pemasaran: Online marketing cenderung lebih fokus pada penjualan langsung, sementara digital marketing juga melibatkan upaya branding, meningkatkan kesadaran merek, dan hubungan dengan pelanggan jangka panjang.

Meskipun memiliki perbedaan, digital marketing dan online marketing sangat saling terkait dan saling melengkapi. Dalam strategi pemasaran digital modern, kedua istilah ini digunakan untuk mencakup semua bentuk pemasaran yang dilakukan secara digital, terlepas dari saluran pemasaran mana yang digunakan.

Need Help? Chat with us