Apa itu Algoritma Google BERT?

Pakardigitalmarketing.com – Google BERT adalah singkatan dari “Bidirectional Encoder Representations from Transformers”, yang merupakan salah satu algoritma pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP) terbaru yang dikembangkan oleh Google. BERT dirancang untuk lebih memahami arti dan konteks dari kata dan frasa dalam konteks kalimat yang lebih luas, sehingga bisa memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat.

Sebelum BERT, algoritma pencarian Google cenderung lebih memperhatikan kata kunci dan tidak selalu mempertimbangkan konteks kalimat yang lebih luas. Dengan BERT, Google dapat memahami kalimat secara keseluruhan dan memberikan hasil pencarian yang lebih akurat, terutama dalam situasi di mana arti suatu kata atau frasa sangat bergantung pada konteks.

Salah satu contoh penggunaan BERT adalah ketika seseorang mencari “2019 brazil traveler to usa need a visa”. Sebelum BERT, Google mungkin hanya memperhatikan kata kunci seperti “brazil”, “traveler”, “usa”, dan “visa”, tanpa mempertimbangkan konteks kalimat secara keseluruhan. Dengan BERT, Google dapat memahami bahwa yang dicari adalah aturan visa untuk wisatawan Brasil yang ingin mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 2019.

Google BERT merupakan salah satu dari banyak algoritma Google yang menunjukkan fokus Google pada memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan lebih relevan bagi pengguna. Oleh karena itu, penting bagi pemilik situs web untuk memperhatikan konten mereka dan memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria Google BERT agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas dari hasil pencarian Google.

Need Help? Chat with us