Apa itu neural network?

Pakardigitalmarketing.com – Neural network atau jaringan saraf tiruan adalah sebuah model matematis yang terinspirasi oleh struktur dan cara kerja otak manusia. Neural network terdiri dari kumpulan node (neuron) yang terhubung satu sama lain melalui jaringan (network) dan dapat memproses informasi masukan untuk menghasilkan keluaran.

Dalam neural network, setiap neuron menerima masukan (input) dari neuron lain atau dari lingkungan eksternal, memproses masukan tersebut menggunakan fungsi matematika tertentu, dan menghasilkan keluaran (output). Keluaran dari setiap neuron dapat menjadi masukan bagi neuron lain pada layer berikutnya, dan demikian seterusnya hingga mencapai layer output.

Neural network digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pengenalan suara, pengenalan tulisan tangan, pengenalan gambar, dan prediksi data. Beberapa jenis neural network yang umum digunakan antara lain:

  1. Feedforward Neural Network: Jenis neural network paling sederhana yang hanya memiliki satu arah aliran data dari input ke output. Contohnya adalah Multilayer Perceptron (MLP) dan Convolutional Neural Network (CNN).
  2. Recurrent Neural Network: Jenis neural network yang dapat menyimpan informasi pada waktu sebelumnya dan menggunakan informasi tersebut untuk memproses masukan pada waktu berikutnya. Contohnya adalah Long Short-Term Memory (LSTM) dan Gated Recurrent Unit (GRU).
  3. Self-Organizing Map: Jenis neural network yang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kesamaan dan perbedaan pada fitur-fitur tertentu.
  4. Hopfield Network: Jenis neural network yang digunakan untuk mengingat pola atau informasi yang diberikan pada saat training dan dapat memulihkan informasi tersebut pada saat recall.

Dalam keseluruhan, neural network merupakan model matematis yang terinspirasi oleh cara kerja otak manusia dan digunakan dalam berbagai aplikasi untuk memproses data dan membuat prediksi atau keputusan.

Need Help? Chat with us