Ingin Jadi Digital Marketing, Ketahui Dulu Seluk Beluknya Berikut Ini

Ingin Jadi Digital Marketing, Ketahui Dulu Seluk Beluknya Berikut Ini

Pakardigitalmarketing.com – Di era teknologi ini, platform digital menjadi semakin andal. Tak hanya oleh publik figur, platform digital kini juga menjadi incaran para pelaku bisnis dan perusahaan. Dari sinilah pemasaran digital berasal. Jadi, untuk menjalankan pemasaran digital, Anda memerlukan strategi pemasaran digital. Jadi apa itu pemasaran digital dan bagaimana Anda melakukannya? Berikut ulasannya!

Pemasaran Digital vs Pemasaran Internet

Menurut situs Investopedia, pemasaran digital adalah upaya untuk mendekati dan memahami bagaimana perilaku pelanggan di platform digital menggunakan perangkat digital seperti ponsel, laptop, dan lainnya. Meskipun bidang pemasaran digital cukup luas, pemasaran ini umumnya akan membidik segmen tertentu dan berjalan secara interaktif.

Lalu apa bedanya dengan internet marketing? Pemasaran digital dan pemasaran internet adalah dua hal yang berbeda. Karena jika internet marketing hanya fokus pada platform internet, maka digital marketing lebih menyasar pada bidang yang lebih luas seperti aplikasi, perangkat mobile, platform kereta api, video game dan lain sebagainya.

Tantangan Pemasaran Digital

Dengan semakin banyaknya saluran digital yang ada, menjadikan digital marketing atau pemasaran digital mendapatkan tantangan yang cukup signifikan. Karena pertumbuhan saluran digital, pemasaran digital harus terus dapat beradaptasi dan mengikuti cara kerja, pedoman penggunaan, dan cara menggunakan saluran untuk beriklan secara efektif. Selain itu, pemasaran digital juga tertantang dengan banyaknya iklan pesaing sehingga semakin sulit menarik perhatian penerima.

Dari tantangan tersebut, pemasaran digital membutuhkan pendekatan pemasaran berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen. Misalnya, perusahaan mungkin perlu menganalisis bentuk baru perilaku konsumen, seperti menggunakan peta panas situs web untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan pelanggan.

Contoh Pemasaran Digital

Berikut beberapa contoh pemasaran digital seperti dikutip dari Investopedia:

Pemasaran situs web

Contoh pemasaran digital yang pertama adalah pemasaran situs web. Menurut Investopedia, website ini merupakan media untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran online dengan pengaruh yang sangat kuat. Jadi, agar website ini bisa berjalan maksimal dalam pemasaran, digital marketing harus bisa memaksimalkan peran produk, merek, dan layanan dengan cara yang jelas dan mudah diingat. Jangan lupa ini harus cepat, mobile-friendly, dan mudah digunakan.

Periklanan Bayar Per Klik (PPC)

Iklan PPC dalam konsep pemasaran digital ini bertujuan untuk menjangkau pengguna internet di sejumlah platform digital melalui iklan berbayar. Dalam praktiknya, digital marketing untuk iklan PPC kini bisa diterapkan di beberapa platform seperti Google, Bing, LinkedIn, Twitter, Pinterest, atau Facebook. Platform PPC yang paling populer sendiri adalah Google Ads dan Meta Ads (Facebook). Dari kampanye PPC dengan pendekatan pemasaran digital, akan diperoleh pengelompokan pengguna berdasarkan karakteristik demografis mereka atau bahkan menargetkan minat atau lokasi khusus mereka.

Pemasaran konten

Pemasaran digital yang digunakan untuk pemasaran konten biasanya akan menargetkan beberapa saluran yang membutuhkannya seperti media sosial, pemasaran email, SEO, atau bahkan kampanye PPC. Sedangkan tools yang digunakan bisa berupa blog, ebook, online course, infografis, podcast, dan webinar.

Pemasaran media sosial

Saat ini media sosial sangat merajalela. Dari sinilah peran digital marketing menjadi sangat penting untuk menciptakan brand awareness dan membangun kepercayaan sosial. Jika pemasaran digital di media sosial mampu berjalan optimal, pemilik dapat menjadikannya sebagai saluran penjualan langsung dan akan mendapatkan prospek dari target pasar.

Need Help? Chat with us